Sabtu, 01 Oktober 2011

Perekembangan Teknologi di Indonesia

Berbicara tentang peradaban manusia tentunya tidak akan lepas dengan perkembangan teknologi.Manusia dan teknologi tumbuh dan berkembang secara beriringan. Dengan memanfaatkan potensi pikiran yang dimiliki manusia menciptakan berbagai inovasi teknologi yang digunakan untuk memudahkan berbagai aktifitas manusia.

Bila berbicara tentang perkembangan teknologi di indonesia maka perhatian kita tentu tidak dapat lepas dengan masih timpangnya pemerataan penguasaannya antara penduduk di perkotaan dengan yang ada di pedesaan. Bila di kota tentunya anak-anak SD pun sudah pernah mengoperasikan komputer bahkan mengakses internet.Namun terlepas dari itu semua sejak tahun 1976, Indonesia telah memasuki era indormasi modern dengan beroperasinya SKSD PALAPA I. Di era informasi ini, TI dan TK memegang peranan sebagai teknologi kunci . Perkembangan TI dan TK dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, termasuk dalam dunia pendidikan.Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat ini, mau tidak mau, siap ataupun tidak siap, akan semakin deras mengalirkan informasi dengan segala dampak positif dan negatifnya ke masyarakat Indonesia.

Perkembangan teknologi memperlihatkan bermunculannya berbagai jenis kegiatan yang berbasis pada teknologi ini,termasuk dalam dunia pendidikan seperti penggunaan e-library,e-learning,e-ducation,e-mail,e-laboratory dan lain-lain.Seperti ramalan dan pandangan para cendikiawan tentang pendidikan di masa depan bahwa dengan masuknya pengaruh globalisasi, pendidikan masa mendatang akan lebih bersifat terbuka dan dua arah, beragam, multidisipliner, serta terkait pada produktivitas kerja “saat itu juga” dan kompetitif. Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya.

Perpustakaan elektronik (e-library) merupakan salah satu revolusi teknologi informasi yang tidak hanya mengubah konsep pendidikan di kelas tetapi juga membuka dunia baru bagi perpustakaan. Perpustakaan yang biasanya merupakan arsip buku-buku dengan dibantu teknologi informasi dan internet dapat dengan mudah mengubah konsep perpustakaan yang pasif menjadi lebih agresif dalam berinteraksi dengan penggunanya. Dengan banyaknya perpustakaan tersambung ke internet, sumber ilmu pengetahuan yang biasanya terbatas ada di perpustakaan menjadi tidak terbatas •

Dengan di terapkannya teknologi di dunia pendidikan di indonesia yang tadinya masih berbasis manual dan kuno menjadi lebih modern fleksibel dan disesuaikan dengan tuntutan jaman maka diharapkan kedepannya akan mampu merubah indonesia kembali menjadi bangsa besar yang disegani oleh bangsa lain karena kemampuannya.

Diposting oleh Nizma Hanim 3 KA 04

02 Oktober 2011

REFERENSI

  1. http://www.informatika.lipi.go.id/
  2. http://binusmaya.binus.ac.id/
  3. http://library.binus.ac.id/
  4. http://jekerzt.blog.ugm.ac.id/2010/10/05/perkembangan-teknologi-di-indonesia/
  5. http://www.oke.or.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar