Jumat, 07 Oktober 2011

Persaingan antara Android dan Blackberry

DATA 1

Sistem operasi Android makin menanjak kepemimpinannya. Di salah satu pasar terpenting yakni Amerika Serikat, OS besutan Google ini mantap memimpin dengan perolehan market share 39%.

Catatan terbaru dari biro riset Nielsen ini membuat Android menjadi OS paling populer di negeri Paman Sam. Berturut-turut di belakangnya adalah Apple iOS dengan perolehan 28% dan BlackBerry dengan raihan 20%.

Sementara itu, di negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia, China. Ketika detikINET mengamati ponsel yang digunakan oleh beberapa anak muda di negeri Tirai Bambu, kebanyakan dari mereka menjatuhkan pilihan pada ponsel berlayar sentuh. Dan jika menilik bentuk serta interfacenya, rata-rata memakai ponsel iPhone atau Android.

Mengenai platform selain iPhone dan Android, agaknya mulai mengalami penurunan penggemar. Seperti BlackBerry yang kurang mendapatkan peminat di antara kaum muda setempat.


DATA 2

Efisiensi, itulah dalih yang digunakan sang produsen BlackBerry dengan keputusannya memangkas 2.000 orang karyawan.

Mereka bak terlena dengan meroketnya popularitas BlackBerry beberapa waktu lalu, sehingga kemudian tak sadar jika para pesaingnya telah berlari lebih cepat untuk dapat menyalip RIM.

RIM dengan gadget andalan BlackBerry-nya dinilai kurang mampu berinovasi untuk menghadirkan sebuah perangkat yang wah. Performa pasar tablet BlackBerry PlayBook juga dinilai tidak sesuai harapan. Hal yang paling mudah dilihat adalah terkait bagaimana model BlackBerry yang sudah keluar sekarang, dianggap tidak revolusioner!


DATA 3

Dominasi Nokia di China menyusut drastis, mereka terluka digempur oleh iPhone dan Android. Catatan pada kuartal dua 2011 mengungkap, pengapalan handset Nokia di China menyusut menjadi 11,3 juta unit.

Jumlah itu kurang dari separuh pengapalan kuartal sebelumnya dan 41% lebih rendah ketimbang tahun 2010. Dikombinasi anjloknya penjualan di wilayah lain, misalnya 30% di Eropa, berkontribusi membuat total penurunan pengapalan handset Nokia mencapai 20% di seluruh dunia.

Terdapat lusinan kompetitor lokal membuat feature phone dan juga membuat perangkat Android. Perangkat Android murah telah menggerogoti feature phone Nokia. Gempuran terhadap Nokia datang pula dari Apple yang pendapatannya meningkat pesat jadi USD 3,8 miliar di China.

Dibandingkan OS lainnya seperti BlackBerry yang dikeluarkan RIM, Windows Mobile yang dikeluarkan Microsoft, Symbian yang banyak dipakai oleh Nokia, ataupun Mac OS yang pakai Apple, Android sendiri merupakan software open source yang dapat diunduh secara gratis.

Tak hanya itu, Android juga memiliki beragam fitur me­narik yang terintegrasi antara satu dengan lainnya. Sebagai contoh, pada ponsel yang ber­basis Android, penggunanya dapat menikmati layanan GPS 3D yang mampu menampilkan gambar seperti aslinya karena merupakan gabungan dari fitur kamera, GPS, dan kompas. Penguna ponsel Android juga tak perlu menyediakan slot memori yang besar karena seluruh informasi yang dibutuhkan dapat disimpan melalui internet.

Menurut pengamat telekomunikasi yang juga salah satu pengurus Mastel (Masyarakat Telematika Indonesia) Mas Wigrantoro Roes Setiyadi saat dikonfirmasi SH, baru-baru ini. Android bisa mengikuti jejak BlackBerry jika seluruh infrastruktur yang menyangkut layanan terintegrasinya itu su­­dah banyak disediakan oleh ope­rator.

Diposting oleh Nizma Hanim 3 KA 04

8 OKTOBER 2011

REFERENSI

http://lifestyle.kompasiana.com/hobi/2010/11/04/android-vs-blackberry/

http://www.lintasberita.com/Teknologi/Gadget/android-vs-blackberry

Tidak ada komentar:

Posting Komentar