Jumat, 07 Oktober 2011

Sea games diancam kabut asap

Kabut asap dikhawatirkan mengganggu persiapan SEA Games XXVI di Palembang, Sumatera Selatan, 11-22 November mendatang. Sebab, tiga hari terakhir kabut asap di Kota Palembang semakin pekat. Kabut asap muncul mulai sore hari hingga menjelang siang keesokan harinya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Kebakaran Hutan danLahan Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Achmad Taufik mengatakan, meningkatnya gangguan kabut asap seiring bertambahnya jumlah titik panas di wilayah Sumsel.

Menurut Taufik, pemerintah kota dan kabupaten telah diminta untuk segera menjalankan operasi yustisi guna menerapkan sanksi hukum kepada pelaku pembakaran lahan, yang diduga kuat memicu timbulnya kabut asap di mana-mana. ”Kami sudah mengirim surat imbauan kepada tiap pemerintah kabupaten dan kota terkait hal ini,” kata Taufik.

Dijelaskan, Kamis (29/9), jumlah titik panas mencapai 268 titik dengan jumlah terbanyak di Kabupaten Ogan Komering Ilir yang memang mempunyai banyak lahan gambut. Menurut rilis satelit Terra, Rabu (28/9), tercatat terdapat 410 titik panas, sedangkan menurut satelit NOAA terdapat 245 titik.

Kondisi ini diperburuk dengan tidak adanya hujan selama sepekan terakhir di Sumsel. Upaya hujan buatan masih berlangsung, tetapi pertumbuhan awan yang minim membuat hujan buatan tetap sulit dilakukan.

Kebakaran meluas

Sekretariat Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Manggala Agni Sumsel Julita Pitria menjelaskan, luas kebakaran lahan di Sumsel telah mencapai setidaknya 1.884 hektar, terdiri dari 1.805 hektar lahan perkebunan dan 78,9 hektar hutan. Sebagian besar kebakaran (78,4 persen) terjadi di areal perusahaan perkebunan, 12,2 persen di lahan masyarakat, dan 9,4 persen di hutan. ”Dari sekian ribu hektar yang terbakar, sebanyak 834,9 hektar berhasil dipadamkan,” kata Pitria.

Pemerintah boleh yakin kabut asap tidak akan mengganggu penyelenggaraan SEA Games XXVI di Palembang. Tapi ancaman bukan itu saja. Bencana banjir juga akan mengancam penyelenggaraan SEA Games XXVI, seandainya musim hujan dialami Palembang pada bulan Oktober atau November ini.Sebab setiap tahun, di kala musim penghujan, kawasan Jakabaring, menjadi daerah yang menjadi langganan banjir.

Akankah acara sea games 2011 di palembang akan berjalan dengan lanacar???Kita lihat saja nanti.

Diposting oleh Nizma Hanim 3 KA 04

8 OKTOBER 2011

REFERENSI

http://regional.kompas.com/read/2011/09/30/03530816/Kabut.Asap.Ancam.SEA.Games.di.Palembang

http://www.detiknews.com/read/2011/10/05/013550/1736928/10/bukan-hanya-kabut-asap-banjir-juga-ancam-sea-games-xxvi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar